Menyeleksi Ragam Informasi Sebagai Bahan Teks Editorial

  

  1. Isu Aktual Editorial

Teks editorial membahas permasalahan aktual yang sedang terjadi. Teks editorial juga membahas hal-hal yang fenomenal, lebih bagi peristiwa yang kontroversial. Peristiwa-peristiwa yang dibahas tersebut mencakup segala peristiwa, misalnya peristiwa pendidikan, mengenai perubahan kurikulum atau kebijakan baru mengenai ujian nasional.

            Sebuah berita seringkali mengundang perdebatan dalam masyarakat. Ada pihak yang pro dan kontra. Berita semacam ini merupakan berita yang kontroversial. Isu aktual fenomenal, dan kontroversial biasanya menjadi berita utama pada media massaa. Dari pembacaan berita utama tersebutlah kita dapat menentukan isu aktual yang layak ditulis dalam teks editorial.


  1. Fungsi Editorial

Adapun fungsi-fungsi editorial sebagai berikut.

a.    Mendorong daya pikir pembaca dan mengajaknya berbincang-bincang tentang sesuatu sebelum pendapat umum mengenai sesuatu itu terbentuk. Editorial ditujukan untuk membimbing dan mempengaruhi masyarakat agar mengambil sikap terjtentu terhadap suatu atau beberapa masalah.

b.    Menginformasikan, menerangi, dan mendidik

c.    Menjelaskan berita, mengisi latar belakang, meramalkan masa depan,  dan memberikan pertimbangan moral

1)    Menjelaskan berita artinya dan akibatnya pada masyarakat. Surat kabar yang pro pemerintah dapat memilih fungsi editorial yang pertama.

2)    Mengisi latar belakang artinya editorial juga mengisi latar belakang dari kaitan berita tersebut dengan kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhi dengan lebih menyeluruh

3)    Meramalkan masa depan artinya dalam editorial terkadang juga ada ramalan atau analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi

            Meneruskan suatu penilaian moral, editorial akan berisi penilaian kritis terhadap masalah atau             berita yang disorot atau dikomentari.

Tidak ada komentar untuk "Menyeleksi Ragam Informasi Sebagai Bahan Teks Editorial"